Jumat, 25 September 2009

Wimax , Teknologi 4g, Internet Masa depan

WiMAX merupakan sistem telekomunikasi wireless digital yang dikenal sebagai 802.16e, yang fokus pada wireless MAN( Metropolitan Area Network". Wimax juga menyediakan broadband wireless akses hingga 30 mile atau sekitar 50 km untuk station yang tetap, dan 3-10 miles ( atau 5-15km untuk akses mobile. Ini bertolak belakang dengan Wifi( 802.11) yang hanya terbatas pada jarak 100-300 kaki( atau 30-100 meter)
Teknologi broadband sekarang baru hingga 3g, 3.75 g, HSDPA atau WCDMA, UMTS
Teknologi tersebut bisa diakses dengan menggunakan perangkat yang dinamakan modem 3g, modem HSDPA, modem 3.75g, modem internet, modem huawei.


Dengan WiMAX, datarate (transfer data) pada Wi fi sangat mudah dicapai, namun issue interference. Wimax beroperasi pada frekuensi berlisensi dan Frekuensi yang tidak berlisensi, menyediakan model yang ekonomis untuk jaringan wireless.

WiMAX dapat digunakan untuk jaringan wireless sama dengan wifi pada umumnya, WiMAX merupakan protokol generasi kedua yang memungkinankan efisiensi pengggunaan bandwith, menghindari interference, dan menyediakan akses transfer data besar untuk jarak jauh.

IEEE 802.16 merupakan standard yang mendefinisikan feature teknical untuk protocol communication . WiMAX Forum menawarkan pengetesan perangkat dari pabrikan untuk compatibility , dan group industri yang mendedikasikan pengembangan dan comersialisasi dari teknologi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar